Kamis, 15 Januari 2009

KEGIATAN P3TIP/FEATI di Desa Cicadas Kec. Binong Kab. Subang Jawa Barat



Awal tahun 2009 tepatnya tanggal 15 Januari , Unit FMA Desa Cicadas Kec Binong Kab Subang Jawa Barat melaksanakan Program Pemberdayaan Petani melalui Teknologi dan Informasi Pertanian (P3TIP) dengan tema

"PELATIHAN TEKNIS FASILITASI YANG PARTISIPATIF KEGIATAN FEATI". Kegiatan ini dirancang sampai dengan tahun 2011. Program ini dirancang untuk mewujudkan sistem penelitian dan penyuluhan pertanian yang mampu memenuhi kebutuhan petani (dari petanim oleh petani dan untuk petani) dalam menghadapi perkembangan ekonomi global.

Program Pemberdayaan Petani melalui Teknologi dan Informasi Pertanian (P3TIP) yang bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) pertanian melalui pengembangan teknologi dan informasi. Untuk mencapai hal tesebut di atas merancang arsitektur yang mampu menjadi wahana penyampaian teknologi maju yang merespon kebutuhan petani. Komponen pengembangan teknologi informasi adalah melakukan design system architecture merupakan perencanaan akan kebutuhan organisasi, erat hubungannya dengan strategi pengembangan sistem dan teknologi informasi.


Pelaksanaan kegiatan DSA untuk P3TIP/FEATI diharapkan dapat mengemas rancangan berkelanjutan muatan teknologi informasi untuk menrapkan e-Petani secara berkelanjutan. FMA Tani Maju merencanakan pengembangan teknologi informasi yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat petani, terdiri dari :

1. Pengendalian Hama Terpadu (PHT)

2. Perbanyakan Bakteri Corine

3. Membuat Pupuk Organik

4. Membuat Pestisida Nabati

5. Membuat Aneka Makanan yang berasal dari Beras

yang dilaksanakan pada tanggal 15 - 31 Januari 2009.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar